Monday, 22 December 2014

Kitab Masakan



Aku bukanlah orang yang pandai memasak. Tapi, aku memiliki kemauan untuk belajar dan mempraktekkannya. Dan buku inilah yang menjadi guruku dalam satu tahun terakhir ini. Aku mendapatkan buku ini dari suamiku, sebagai hadiah ulang tahunku.
Banyak resep masakan yang telah aku coba dari buku ini. Ada yang sesuai dengan selera lidah kami, ada pula yang tidak. Dalam setahun ini, bisa disimpulakn kalau aku lebih banyak membaca kitab masakan ini dibandingkan membaca Kitab Suci agamaku.

Kalau dulu aku hanya mengetahui resep masakan Batak, sekarang pengetahuanku akan resep masakan semakin bertambah. Dengan adanya buku ini, aku banyak tahu tentang berbagai resep masakan nusantara. Aku harus akui, buku ini memang tidak terlalu mendetail di dalam memberikan resep. Dibutuhkan kemampuan  di dalam mengimprovisasi agar rasa makanan sesuai dengan selera kami. Dengan memasak, menjadi terapi untukku di dalam menerima kenyataan untuk setiap pil pahit yang kutelan di dalam hidupku.

Lagi, aku bersyukur dengan adanya buku ini, membantuku untuk tetap memiliki kekuatan dalam menyambut matahari dan bangun di pagi hari.

No comments: