Tuesday 2 December 2014

Tips untuk sehat selama hamil

Pengalaman menjadi hamil adalah pengalaman yang penuh sejarah bagi setiap perempuan. Tidak banyak kata yang bisa mendeskripsikan bagaimana kondisi perempuan di dalam menjalani masa-masa kehamilan. Setiap perempuan yang pernah dan sedang merasakannya pasti memliki kesan tersendiri dengan pengalaman ini. Saya juga mengalaminya walaupun saya tidak menyelesaikan kehamilan saya seperti yang telah diprediksi oleh dokter. Melalui tulisan ini, saya ingin berbagi pengalaman saya menjadi perempuan hamil selama 28 minggu. Harapan saya tulisan ini dapat menjadi refrensi dan semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk mengurangi resiko bayi meninggal seperti yang saya alami.

  1. Ingatlah jadwal menstruari Anda. Hal ini akan sangat membantu untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak dan membantu Anda di dalam penghitungan usia kandungan Anda. Walaupun sebenarnya hal ini bisa dideteksi melalui USG, akan tetapi Anda juga perlu mengetahuinya untuk menjawab dokter ketika Anda pertama kali periksa kehamilan. Pertanyaan dokter yang pertama pastinya adalah kapan Anda terakhir mengalami menstruasi, apakah jadwalnya teratur sekali dalam 28 hari, dan berapa lama durasi menstruasi dalam satu periode?
  2. Sebelum ke dokter kandungan untuk memastikan Anda hamil atau tidak, sebaiknya lakukan test kehamilan terlebih dahulu. Sebaiknya test kehamilan dilakukan tiga kali dengan jarak empat hari untuk mendapatkan akurasinya, apabila ada keraguan di hati Anda. Hal ini untuk menghindari apabila Anda bertemu dengan dokter kandungan yang tidak berempati. Dengan adanya hasil test kehamilan, biasanya dokter kandungan akan mengurangi interogasi yang berlebihan kepada Anda dan pasangan.
  3. Mencari dokter kandungan yang berempati dan nyaman untuk mendengarkan keluhan Anda. Ini bisa Anda lakukan melalui teman-teman atau kenalan Anda yang pernah menggunakan jasa dokter kandungan. Yang perlu saya tekankan disini, Anda tidak membutuhkan dokter kandungan yang pintar tapi dokter kandungan yang bersedia hadir saat Anda membutuhkannya ketika Anda mengalami masalah dengan kehamilan Anda, bukan hanya di saat Anda akan melahirkan.
  4. Apabila Anda memiliki budget yang cukup dan Anda ingin melakukan dokumentasi mengenai perjalanan anak Anda, mintalah print out USG dari anak Anda. 
  5. Jangan percaya 100 % kepada dokter kandungan. Ingatlah kitalah yang lebih tahu mengenai kondisi kita selama hamil. Dokter hanya melakukan pemeriksaan melalui data yang terlihat dan dengan dimonitori oleh berbagai motivasi. Anda dan pasangan harus kritis terhadap setiap opini yang diberikan oleh dokter. Pengalaman saya selama hamil, dokter saya mengatakan bahwa saya diizinkan untuk berolahraga, tidak masalah apabila saya menggunakan motor selama 4 jam sehari, saya harus aktif, kehamilan bukanlah hambatan untuk melakukan kegiatan saya seahri-hari. Dia memperkuat pernyataannya dengan alasan belum ada penelitian yang melarang ibu hamil untuk melakukan hal di atas. Akan tetapi sesungguhnya, ini bukan ada tidaknya penelitian, Tapi bagaimana tubuh Anda merespon untuk setiap kegiatan yang Anda lakukan.
  6. Ini pendapat personal, akan tetapi untuk di kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya, sebaiknya memilih dokter kandungan laki-laki. Semula saya tidak ingin merendahkan kaum saya dalam hal ini, akan tetapi saya mengalaminya. Dokter kandungan laki-laki jauh lebih memiliki empati, lebih detail, dan mengerti keadaan ibu hamil dibandingkan dokter kandungan perempuan.
  7. Masa hamil adalah masa dimana waktunya Anda dimanja oleh orang-orang di sekitar Anda. Oleh karena itu, nikmatilah karna Anda berhak untuk mendapatkannya. Jangan memaksakan diri Anda untuk melakukan sesuatu yang tidak ingin Anda lakukan, termasuk untuk melanggar mitos seputar ibu hamil. Sepanjang Anda ingin melakukannya dan tidak merugikan Anda dan kandungan Anda, lakukanlah. Masa hamil adalah masa dimana Anda menjadi prioritas karena itu bersuka citalah.
  8. Jangan atau kurangi makan di luar. Jauh lebih baik apabila Anda memenuhi nutrisi Anda dan kandungan Anda dengan makanan yang Anda persiapkan di rumah.
  9. Apabila Anda tidak ingin mengalami berat badan yang berlebihan selama hamil, maka perhatian makanan Anda secara mendetail. Kurangi memakan karbohidrat, perbanyak makan sayuran dan buah. Untuk mempermudah Anda dalam memakan buah dan sayuran, Anda bisa mengolahnya seperti minuman.
  10. Berdoalah selalu agar Anda dikuatkan selama menjali masa kehamilan Anda.

No comments:

Post a Comment