Tuesday, 31 January 2017

MPASI --> Makanan Pendamping Air Susu Ibu

Makan adalah kebutuhan fisik manusia yang paling primer. Dengan keberagaman makanan yang ada saat ini, saya sebagai seorang ibu memiliki harapan bahwa suatu hari kelak anak saya akan bisa menikmati semua jenis makanan itu. Oleh karena itu, menurut saya sangat penting untuk memperkenalkan semua jenis makanan dengan benar kepada anak saya.
Menurut WHO, umumnya seorang anak diperkenalkan makanan di usia enam bulan. Walaupun demikian tidak menutup kemungkinan seorang anak diperkenalkan makanan di usia lebih muda. WHO sendiri memberikan standar, minimal usia 4 bulan anak sudah bisa diperkenalkan makanan. Dan untuk anak saya, dengan perjalanannya yang khas, kami memperkenalkan makanan di usia 5 bulan 2 minggu. Pemberian makanan ini lebih dikenal dengan sebutan MPASI, Makanan Pendamping Air Susu Ibu.
Sebelum melakukan perkenalan makanan ini kepada anak saya, kami terlebih dahulu melakukan kunjungan kasih ke dokter laktasi, dimana yang menjadi dokter kunjungan kami adalah Dokter Asti. Dari beliau kami dapat informasi bahwa bayi itu sama seperti kami, seperti kita, pemakan segala jenis makanan. Tidak ada pantangan! Semua jenis makanan bisa diberikan asalkan tidak terlalu pedas, tidak terlalu asin, dan tidak terlalu asam.
Berikut adalah beberapa aturan yang kami terapkan dalam pemberian MPASI kepada anak kami, tentunya setelah konsultasi dengan Dokter Asti ya :
1.       Makanan tidak diblender, melainkan disaring. Blender akan merusak tekstur makanan yang bisa merusak perkembangan rahang anak karena membuat anak malas menguyah makanan. Selama belum MPASI, rahang anak telah terlatih ketika menyusu dan latihan ini akan terus berkembang saat anak masuk ke dalam masa pemberian MPASI.
2.       Tidak mencampurkan ASI dalam makanan karena tujuan dari MPASI adalah memperkenalkan makanan selain ASI kepada anak. Jikalau makanan dicampurkan dengan ASI, maka rasa ASI akan mendominasi yang membuat anak gagal dalam mengenal jenis makanan selain ASI.
3.       Sebisa mungkin tidak memberikan makanan yang sudah bermalam apalagi dibekukan kepada anak. Karena saya ibu pekerja kantoran, makanan sehari saya siapkan di pagi hari dimasukkan ke kulkas bawah lalu dihangatkan di magic com setengah jam sebelum diberikan oleh pengasuhnya.
4.       Banyaknya makanan untuk sekali makan disesuaikan dengan umur anak. Anak saya diperkenalkan makanan di usia 5 bulan 2 minggu, jadi banyaknya makanan untuk dia per sekali makan itu 5 sendok peres. Kalau 6 bulan berarti 6 sendok peres. Kalau 4 bulan, berarti 4 sendok peres.
5.       Minum air putih dan ASIP sesuai keinginan bayi.
6.       Semua perlengkapan makan disamakan seperti perlengkapan makan orang rumah, kecuali botol ASIP dan cup feeder untuk ASIP harus tetap melalui proses sterilisasi.
7.       Yang paling penting MENU 4 BINTANG
Apakah MENU 4 BINTANG itu?
Menu 4 bintang adalah menu makanan untuk anak dimana dalam satu kali pemberian makan harus ada KARBOHIDRAT, PROTEIN NABATI, PROTEIN HEWANI, SAYURAN & LEMAK.
Berikut adalah daftar menu makanan MPASI yang saya berikan kepada anak saya.
Oh iya, seminggu sebelum masuk ke menu 4 BINTANG,  saya memperkenalkan makanan dulu kepada anak saya dengan menu tunggal di setiap jam makannya dengan diselingi satu kali buah.
MENU SEMINGGU SEBELUM MENU 4 BINTANG
Hari
Makan Pagi (jam 08.00)
Makan Siang (jam 12.00)
Snack (jam 14.00)
senin
nasi
Sayur brokoli
Buah alpukat
selasa
Ikan mas
Sayur buncis
Buah naga
rabu
Daging sapi giling
bayam
Buah pisang (bagian luarnya saja agar anak tidak sembelit)
kamis
tomat
Wortel  (bagian luarnya saja agar anak tidak sembelit)
Buah apel
jumat
kentang
Daging ayam
Buah pir
sabtu
Ubi cilembu
Ikan nila
Buah semangka
minggu
Jagung manis
Ikan lele
Buah melon

CONTOH MENU 4 BINTANG yang saya berikan kepada anak saya di minggu kedua sampai sekarang
Hari
Makan Pagi (Jam 08.00)
Snack 1 (jam 10.00)
Makan Siang (jam 12.00)
Snack 2 (jam 14.00)
Makan Malam (jam 16.00)
senin
Nasi, Belut, Kacang Hijau, Brokoli, Keju, bawang merah, bawang bombai, bawang putih
Buah pepaya
Nasi, Belut, Kacang Hijau, Brokoli, Mentega, bawang merah, bawang bombai, bawang putih
Buah Pisang (bagian luarnya saja agar anak tidak sembelit)
Nasi, Belut, Kacang Hijau, Brokoli, Mentega dan Keju, bawang merah, bawang bombai, bawang putih
selasa
Kentang, daging sapi giling, kacang merah, wortel (bagian luarnya saja agar anak tidak sembelit), minyak zaitun dua sendok, serei, bawang merah, bawang bombai, bawang putih
Buah melon
Kentang, daging sapi giling, kacang merah, wortel (bagian luarnya saja agar anak tidak sembelit), keju, serei, bawang merah, bawang bombai, bawang putih
Buah pir
Kentang, daging sapi giling, kacang merah, wortel (bagian luarnya saja agar anak tidak sembelit), mentega, serei, bawang merah, bawang bombai, bawang putih
rabu
Jagung manis, tomat, tahu, ikan gurame, buncis, keju, jahe, bawang merah, bawang bombai, bawang putih
Buah apel
Jagung manis, tomat, tahu, ikan gurame, buncis, mentega, jahe, bawang merah, bawang bombai, bawang putih
Buah naga
Jagung manis, tomat, tahu, ikan gurame, buncis, mentega, jahe, bawang merah, bawang bombai, bawang putih
kamis
Kentang, ati ayam, jahe, bawang merah, bawang bombai, bawang putih, bayam, tempe, keju
Buah jeruk
Kentang, ati ayam, jahe, bawang merah, bawang bombai, bawang putih, bayam, tempe, mentega
Buah alpukat
Kentang, ati ayam, jahe, bawang merah, bawang bombai, bawang putih, bayam, tempe, keju dan mentega
jumat
Ubi cilembu, brokoli, tempe, telur burung puyu, Kentang, ati ayam, jahe, bawang merah, bawang bombai, bawang putih, bayam, tempe, keju
Buah semangka
Ubi cilembu, brokoli, tempe, telur burung puyu, Kentang, ati ayam, jahe, bawang merah, bawang bombai, bawang putih, bayam, tempe, mentega
Buah pir
Ubi cilembu, brokoli, tempe, telur burung puyu, Kentang, ati ayam, jahe, bawang merah, bawang bombai, bawang putih, bayam, tempe, keju, mentega
sabtu
Nasi, sayur botol, tahu, daging sapi giling, jahe, bawang merah, bawang bombai, bawang putih, bayam, tempe, keju
Buah alpukat
Nasi, sayur botol, tahu, daging sapi giling, jahe, bawang merah, bawang bombai, bawang putih, bayam, tempe, mentega
Buah jeruk
Nasi, sayur botol, tahu, daging sapi giling, jahe, bawang merah, bawang bombai, bawang putih, bayam, tempe, keju dan mentega
minggu
Nasi, buncis, ikan gabus, kacang merah, jahe, bawang merah, bawang bombai, bawang putih, bayam, tempe, keju
Buah semangka
Nasi, buncis, ikan gabus, kacang merah, jahe, bawang merah, bawang bombai, bawang putih, bayam, tempe, keju
Buah melon
Nasi, buncis, ikan gabus, kacang merah, jahe, bawang merah, bawang bombai, bawang putih, bayam, tempe, keju

Note : Terkadang saya menambahkan sedikit garam.
Sesungguhnya untuk makanan yang saya berikan kepada anak saya tidak terlalu heboh. Prinsipnya semua makanan saya perkenalkan kepada dia. Hanya saja untuk snack kami masih mengutamakan makan buah, walaupun sebenarnya kata Dokter Asti dia sudah bisa makan jajan-jajanan kecil. Hanya saja, kami masih membatasi makanan dari luar untuknya karena kami meragukan kebersihan dan adanya pengawat di dalam makanan tersebut.


Walaupu sangat menantang di dalam mempersiapkan makanan ini, khususnya karena kami tidak menggunakan blender apalagi saya harus berangkat ke kantor, jadi kesannya selalu diburu oleh waktu di dalam penyajiannya tapi saya menikmatinya karena sayalah yang memilih kondisi ini.