Sunday 17 January 2016

KALAU BISA GRATIS, MENGAPA HARUS BAYAR?

Beberapa kali dalam berbagai kesempatan aku bertemu dengan banyak orang yang sangat senang menikmati hal-hal yang berbau gratis. Bukan karena tidak mampu secara materi, melainkan telah menjadi sebuah kebanggaan tersendiri apabila mampu mendapatkan sesuatu yang gratis. Kalau ada yang gratis, mengapa harus bayar? Pola pikir seperti ini, masih terukir indah di masyarakt kita. Aku sendiri tidak mau menjadi manusia yang naïf, aku akui mendapatkan sesuatu yang gratis itu adalah anugrah, akan tetapi kalau sampai memfokuskan diri untuk melulu mendapatkan yang gratis, menurutku itu bukanlah sikap yang harus dipertahankan apalagi disosialisasikan kepada anak-anak dan cucu-cucu kita.
Salah satu pengalamanku yang paling fenomenal mengenai kegratisan ini adalah ketika aku kuliah di Universitas Indonesia dimana ada begitu banyak mahasiswa yang mengajukan surat tidak mampu untuk bisa kuliah gratis. Memalsukan dokumen pendukung yang dibutuhkan bahkan sampai acting berpura-pura menjadi orang tidak mampu. Setelah permohonan dikabulkan, maka yang bersangkutan akan bangga mengatakan betapa dia telah berhasil mendapatkan kegratisan itu.
Hal yang sama juga aku temukan di dalam lingkunganku bekerja. Untuk setiap karyawan yang melakukan perjalanan dinas diberikan biaya maksimal sejumlah X, dimana apabila biaya sejumlah X ini tidak habis wajib dikembalikan kepada organisasi. Akan tetapi kenyataannya banyak karyawan yang mempergunakan biaya perjalanan dinas itu secara maksimal, nyaris tidak pernah ada sisa. Lagi-lagi sebuah sikap dimana kegratisan itu sangat menyenangkan.
Budaya menikmati kegratisan inilah yang bertumbuh sangat subur di Indonesia, di masyarakat kita. Kita semua pasti tahu dengan program kesehatan yang saat ini sedang berlaku di Indonesia, yang lebih dikenal dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Program ini sesungguhnya merupakan program yang sangat menakjubkan, dimana setiap orang di Indonesia khususnya mereka yang penghasilannya di bawah UMR atau bahkan yang tidak memiliki penghasilan memiliki kesempatan untuk memperoleh layanan kesehatan dengan harga yang terjangkau atau bahkan gratis. Prakteknya? Mari kita lihat, BPJS ini lebih banyak dinikmati oleh mereka yang sangat suka dengan kegratisan.
Beberapa waktu yang lalu, seorang kerabat sangat bangga menceritakan kepada kami, bagaimana dia berhasil mendapatkan layanan gratis ini. Padahal kerabat ini memiliki rumah sendiri dimana-mana, kendaraan pribadi tiga, dan masih banyak lagi harta yang dimiliki. Akan tetapi masih tetap saja mencari  layanan yang gratis.

Banyak orang yang mengeluhkan bahwa layanan BPJS yang diberikan oleh pemerintah saat ini masih jauh dari sempurna dan bahkan sangat mengecewakan. Pemerintah, para petugas medis, dan staf BPJS tidak jarang mendapatkan makian dari masyarakat yang dikecewakan oleh layanan ini. Akan tetapi, mari kita kritisi kembali sikap hati kita terhadap program ini. Dana BPJS diambil dari APBN dan biaya APBN ini tentu saja membutuhkan persetujuan DPR. Kita lihat sendiri bagaimana sikap kerja DPR kita. Aku tidak perlu membahasnya di sini. Dari segi masyarakat, peserta BPJS, dipungut biaya untuk program ini. Akan tetapi, secara logika dengan sejumlah dana yang kita keluarkan untuk BPJS, tidak akan mencukupi untuk mendanai kesehatan untuk seluruh masyarakat yang ingin gratis. Yang terjadi adalah antrian layanan BPJS yang sangat panjang.

          Aku  berasal dari keluarga yang tidak kaya. Bapakku seorang tukang becak dan ibuku pedagang kaki lima. Aku kuliah dengan gratis di Universitas Indonesia, tetapi untuk kebutuhanku sehari-hari aku tetap harus bekerja. Sesungguhnya aku bisa saja memanfaatkan kondisi kemiskinan ini, akan tetapi aku malu mendapatkan sesuatu yang gratis. Sejujurnya, aku juga malu kuliah gratis di Universitas Indonesia, akan tetapi aku tidak ada pilihan lain, karena aku ingin kuliah. Ketika di kehamilan pertamaku, seharusnya aku bisa menikmati layanan BPJS dari program pemerintah ini, karena suamiku adalah Pegawai Negeri Sipil, dimana secara otomotis  aku berhak mendapatkan layanan BPJS ini. Di smaping itu, aku juga wanita bekerja dimana sebagian dari gajiku sudah dipotong untuk biaya BPJS. Akan tetapi, kami memilih untuk menggunakan gaji kami sendiri untuk biaya konsultasi dan bahkan untuk biaya operasi melahirkanku. Bukan karna kami sekarang sudah kaya dan tidak membutuhkan program BPJS lagi, melainkan kalau memang kami masih bisa membayar, mengapa harus memilih yang gratis?

Aku dan suami berjanji bahwa kami hanya akan menggunakan BPJS, apabila kami benar-benar sudah tidak mampu lagi di dalam membayar biaya kesehatan kami. Karena BPJS itu memang ditujukan bagi yang tidak mampu. Kalau kita masih mampu memiliki rumah sendiri lebih dari satu, memiliki kendaraan pribadi lebih dari satu, memiliki penghasilan berlipat-lipat kali ganda dari nilai UMR, bukankah kita seharusnya malu bila masih tetap antri untuk menggunakan BPJS? Kalau kita bisa beli gadget yang harganya jutaan rupiah, bisa makan di mall hampir tiap hari, berlibur ke luar negeri, masakan untuk beli obat dan periksa ke dokter yang harganya tidak lebih dari 500 ribu harus menggunakan BPJS?

Sementara saudara-saudara kita yang makan saja susah, ketika mereka berobat menggunakan BPJS akhirnya tidak bisa dilayani dengan cepat dikarenakan kita telah “mencuri” haknya. Memang benar, adalah kewajiban negara untuk menjamin kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia, akan tetapi kita yang memiliki moral sudah seharusnya membantu program pemerintah ini dengan cara mengutamakan yang lebih berhak untuk mendapatkannya. Percayalah, kita tidak akan miskin hanya dengan memberi kesempatan itu kepada yang lebih membutuhkan dibandingkan dengan kita. Di samping itu, para tenaga medis pun tidak akan selalu kewalahan dengan panjangnya antrian yang membuat mereka akhirnya bisa memberikan pelayanan secara maksimal. Tenaga medis pun manusia, mereka pun akan kelelahan apabila setiap hari dikerumuni oleh masyarakat yang selalu ingin gratis.

Seharusnya kita bangga menikmati kegratisan karena kita berprestasi, bukan karena kita miskin materi. Dan, yang terutama, bijaksanalah menggunakan hak kita.

Tuesday 1 September 2015

Ibadah Pengutusan Management Trainee Wahana Visi Indonesia Batch 16



Minggu ini adalah minggu yang berat secara emosi bagiku. Bayangan setahun yang lalu dimana aku berbaring di kamar rumah sakit dengan anak kami di dalam rahimku, sementara suamiku dalam kondisi kurang tidur karena menjagaku. Semua kejadian itu menari-nari di dalam pikiranku. Bahkan ketika menuliskan ini, aku masih gemetaran, hatiku masih menangis. Setahun sudah, akan tetapi setiap detik dari kejadian itu, masih terakam dengan sangat jernih di otakku. Aku bukan hanya mengingat, saat ini pun aku seperti merasakan hentakan dan pergerakan anak kami di dalam rahimku. Seolah-olah aku kembali mengalami kejadian setahun yang lalu, berbaring di rumah sakit, dengan suamiku di sampingku dengan wajah penuh kecemasan.

Tak pernah terlintas di dalam pikiranku kalau saat ini aku bisa menuliskan hal ini. Setahun sudah, aku dan suami melalui hari-hari berduka kami. Aku sendiri menjalaninya dengan menyibukkan diri dengan pekerjaan kantor. Tiga bulan setelah melahirkan, Tuhan memberikanku pekerjaan baru sebagai ganti dari dipanggilNya anak kami. Januari 2015, aku bergabung dengan sebuah organisasi kemanusiaan yang menerapkan ajaran Kristus di dalam pelayanannya, Wahana Visi Indonesia. Tanggung jawab pertama yang kuperoleh adalah merekrut Management Trainee (MT) sebanyak 35 orang. Di pertengahan bulan Februari, target orang yang harus direkrut bertambah menjadi 55 orang. Sementara deadline waktu yang diberikan masih tetap sama yaitu 4 bulan. Alhasil, selama tiga bulan aku membawa pekerjaan kantor ke rumah, bahkan di akhir minggu pun aku bekerja. Aku menyeleksi 1399 resume satu per satu, hingga akhirnya di akhir April 2015, Tuhan memberikan 61 orang yang lolos dalam setiap proses seleksi. Akan tetapi di hari-hari terakhir sebelum offering dilakukan ada 3 orang yang memutuskan untuk mundur dari program MT ini. Setelah offering, ada 5 orang yang "gugur". Dan hari ini kami mengutus 53 orang untuk melayani di berbagai daerah dampingan kami yang tersebesar di 55 Kabupaten di Indonesia.

Tadi pagi, ketika Ibadah Pengutusan berlangsung, dimana MC Ibadah yang adalah rekan sepelayanan kami (Kak Dahlia) mengundang kami berdiri untuk menaikkan ucapan syukur kami kepada Tuhan, hanya mengucap syukur, tidak meminta, tidak memohon. Hanya bersyukur. Dan saat itu, aku tertantang untuk bersyukur, bersyukur di tengah-tengah masa-masa berdukaku, Tuhan memakaiku untuk bisa bekerja memberikan yang terbaik yang bisa kuberikan, mengambil bagian dari pelayanan ini. Aku bersyukur, Tuhan memberikan pekerjaan ini padaku sehingga masa-masa berdukaku lebih mudah untuk kujalani. Melalui pekerjaan ini, aku dipaksa untuk fokus mendapatkan staff baru yang nantinya akan bertugas membantu teman-teman yang melayani di daerah terpencil. Aku mengucap syukur, aku bisa berkontribursi di dalam perekrutan MT ini, hingga akhirnya tidak ada waktu untukku berduka bahkan untuk menangis.

Aku bersyukur, mengingat bagaimana aku berjuang untuk konsentrasi di dalam pekerjaanku, mengesampingkan rasa dukaku, rasa kehilanganku dengan bekerja secara totalitas, mendapatkan 55 staff dalam waktu tiga bulan! Dengan lingkungan baru dan administrasi yang panjang. Di dalam ucapan syukurku, aku tergoda bertanya, jikalau Tuhan tidak mengambil anak kami, mungkin aku tidak akan resign dari pekerjaanku yang dulu. Aku akan terus - menerus menjadi budak uang. Berambisi untuk hidup kaya. Merekrut orang hanya untuk mendapatkan fee yang bersumber dari persenan gaji dari orang yang direkrut.

Aku bersyukur, Tuhan menangkapku dan menempatkanku di organisasi ini. Aku semakin dikuatkan bahwa di dalam kehidupan ini, aku dan suamiku tidak lagi sendirian. Aku menemukan keluarga baru yang akan selalu ada berdoa untuk aku dan suami. Kejadian setahun yang lalu, ketika aku dan suamiku berdua saja di rumah sakit dengan kondisi anak kami di dalam rahimku adalah titik terendah kami berdua. Dengan adanya keluarga baru yang aku temukan di organisasi ini, membantuku untuk bangkit kembali. Aku belum bisa mengatakan bahwa saat ini kami sudah baik-baik saja, yang pasti saat ini aku dan suami sedang mencoba untuk bergerak. Aku pribadi semakin menemukan makna hidupku yang sesungguhnya, tepat seperti yang selalu kuminta di hampir setiap doaku, MENJADI GARAM DAN TERANG.

Ibadah Pengutusan Management Trainee yang telah kami lakukan tadi pagi di kantor, semakin memperjelas panggilan hidupku di dunia ini. Aku ingat dengan salah satu nazarku (ketika aku merasa bahwa adalah hal yang mustahil bagiku untuk kuliah), bahwa jikalau Tuhan berkenan memberiku kesempatan untuk kuliah dan meraih gelar sarjana, maka aku akan mempersembahkannya hanya untuk pekerjaan Tuhan. Dan disinilah aku sekarang, menjadi pelayan Tuhan, memberikan ilmu yang kudapatkan dengan susah payah, hanya untuk kemuliaan nama Tuhan. Dan aku mengucap syukur karena Tuhan memberikanku kesempatan untuk memenuhi nazarku.

Kepada 53 orang MT Batch 16 Wahana Visi Indonesia, selamat menikmati perjalanan bersama Tuhan di dalam pelayanan ini. Seperti ada tertulis, sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih (Matius 22;14), demikian halnya dengan MT Batch 16, kalianlah orang yang terpilih itu, dari 1399 yang terpanggil.  Seperti nyanyian yang kalian nyanyikan tadi siang, kita bersama-sama rindu untuk Indonesia yang lebih baik. Biarlah kita semua menjadi GARAM DAN TERANG, hidup bagi KRISTUS. Semoga Tuhan memberikan kekuatan kepada kita semua untuk melanjutkan pelayanan ini.
Dan kepada mereka yang pernah meluangkan waktunya untuk mengikuti proses perekrutan MT Batch 16 di Wahana Visi Indonesia, mohon maaf untuk setiap tutur kata yang tidak berkenan. Mohon maaf karena keterbatasan saya,  tidak  ada follow up  kepada mereka yang  telah bersedia meluangkan waktu mengikuti proses seleksi dan dinyatakan belum sesuai untuk posisi ini. Jangan patah semangat, kalau tahun ini kalian belum berjodoh dengan Wahana Visi Indonesia, Tuhan pasti menyediakan tempat untuk kalian berkarya. Akhir kata, dimanapun ladang yang telah Tuhan sediakan buat kita semua, di Wahana Visi Indonesia atau bukan, tetaplah menjadi GARAM DAN TERANG.




Saturday 25 July 2015

halak batak do ho (5)



         Akhir-akhir ini ada begitu banyak pemuda/I Batak yang mulai mempertanyakan apakah menikah secara adat Batak penuh itu masih relevan untuk dilakukan saat ini? Selain biaya yang dibutuhkan sangat banyak, perbedaan-perbedaan pendapat yang berujung kepada konflik dan sakit hati menjadi alasan kuat yang membuat para generasi muda semakin tawar hati akan adat Batak. Acara pernikahan yang seharusnya menjadi momentum penting bagi pasangan pengantin, tidak sedikit berakhir dengan luka batin. Keluarga baru yang seyoginya dimulai dengan penuh suka cita, berakhir dengan pernyataan, nasi sudah jadi bubur. Para pengantin memulai kehidupan keluarga baru mereka dengan prasangka-prasangka negatif.
Di satu sisi, kerumitan di dalam pelaksanaan adat Batak, yang membutuhkan banyak uang dan dibumbui dengan konflik keluarga, membuat pernikahan Batak secara adat penuh menjadi sesuatu yang sakral. Setidaknya hal ini menjadi salah satu faktor penghambat para pemuda/i untuk menikah dengan gegabah. Tidak bisa dibayangkan apabila pernikahan Batak secara adat penuh dilaksanakan dengan sangat mudah, kemungkinan besar Indonesia hanya akan terdiri dari orang Batak dan orang baik saja. Akan tetapi hal ini, bukan menjadi alasan untuk meninggalkan adat Batak. Biar bagaimanapun, adat itu adalah warisan yang sangat tak ternilai harganya dari nenek moyang kita. Sekali pun kita tidak mendapatkan teladan yang baik dari para orang tua di sekitar kita mengenai pelaksanaan adat Batak, kita sebagai manusia yang dibekali akal sehat, seharusnya memiliki kemampuan untuk memperbaiki kesalahan itu bersama-sama. Kita memiliki pilihan untuk memutuskan mata rantai kesalahan yang telah disosialisasikan oleh para orang tua di sekitar kita.
Siapa bilang pernikahan adat Batak itu harus selalu membutuhkan biaya yang banyak? Siapa bilang pernikahan adat Batak itu harus selalu berakhir dengan konflik keluarga? STOP. Kita akhiri fenomena ini hanya sampai di kita. Adat Batak diwariskan oleh nenek moyang kita dengan tujuan agar kita menjadi manusia yang berbudaya.  Sudah saatnya kita menunjukkan kepada mereka yang bukan Batak, bahwa budaya kita tidak kalah menariknya dibandingkan dengan budaya dari negara lain. Jangan biarkan doktrin-doktrin penerapan yang salah dari para orang tua menjadi penghalang untuk kita mencintai adat Batak.
Lalu apa yang bisa kita lakukan? Sebelumnya mari kita berkenalan dengan adat Batak terlebih dahulu, khususnya dalam pernikahan Batak. Satu konsep yang paling banyak memakan korban dalam pelaksanaan pernikahan adat Batak adalah konsep sinamot.
Orang Batak memiliki motto hidup, “Anakhonhi do hamoraon di au” (Anak adalah kekayaan). Mengapa anak menjadi sumber kekayaan bagi orang Batak? Karena pada zaman dahulu, anak diperdayakan untuk membantu orang tua membajak tanah (bertani).  Jadi, semakin banyak anak, maka semakin banyak sumber tenaga yang bisa dipakai untuk membajak sawah. Oleh karena itu, ketika seorang anak perempuan dilamar, maka sumber tenaga akan berkurang karena setiap anak perempuan yang menikah akan meninggalkan orang tuanya dan tinggal dengan keluarga suaminya. Dengan demikian, orang tua perempuan pun meminta ganti si anak perempuan kepada pihak yang melamar anak perempuannya. Pada zaman dahulu, biasanya yang diberikan sebagai ganti adalah manusia juga, akan tetapi karena pihak pelamar tidak selalu bisa memberikan manusia yang memiliki kualitas yang sama untuk bekerja sebagai ganti anak perempuan yang dilamar, digantilah dengan beberapa ekor kerbau. Seiring dengan perkembangan zaman, dimana manusia akhirnya meninggalkan sistem barter dan beralih dengan menggunakan uang, maka penggantian anak perempuan yang dilamar dilakukan dengan memberikan uang, yang dikenal dengan SINAMOT.
Saat ini, sinamot menjadi momok yang paling menakutkan bagi para pangoli (pemuda yang berniat untuk menikah). Apalagi dengan mereka yang tidak memiliki orang tua yang kaya, dimana biaya nikah menjadi tanggungan pribadi. Tak jarang banyak pernikahan gagal hanya karena pihak perempuan tidak setuju menyerahkan anak perempuannya dengan nilai sinamot yang sedikit atau tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh parboru (orang tua calon pengantin perempuan). Atau tidak sedikit, pernikahan adat Batak meninggalkan konflik yang berkepanjangan dikarenakan jumlah sinamot ini.

Mengenai nilai sinamot ini, kita para generasi muda bisa menyiasatinya dengan cara kembali ke sejarah lahirnya sinamot ini. Zaman dahulu, sinamot lahir ksebagai ganti rugi anak perempuan yang diambil dari keluarga si perempuan untuk selama-lamanya, yang berarti pihak yang ditinggalkan kehilangan sumber tenaga untuk membajak sawah yang nantinya akan mengurangi kekayaan orang tua perempuan tersebut. Saat ini, ketika akan melamar perempuan Batak, jika ingin menerapkan konsep sinamot ini, maka sangat penting diperhatikan bagaimana status si anak perempuan yang dilamar di tengah-tengah keluarganya.  Apakah si anak perempuan adalah sumber pendapatan utama di dalam keluarga tersebut, sehingga si pelamar perlu memberikan ganti rugi yang sepadan kepada keluarga si perempuan demi keberlangsungan hidup keluarga si perempuan ke depannya.
Dengan kata lain, penerapan konsep sinamot bukan berdasarkan seberapa banyak uang yang telah dikeluarkan oleh orang tua si perempuan untuk membesarkan si perempuan yang dilamar. Karena adalah kewajiban setiap orang tua untuk mencukupi kebutuhan setiap anak dan pangoli tidak bertanggung jawab untuk mengganti setiap rupiah yang telah dikeluarkan oleh orang tua si perempuan kepada anak perempuannya. Kesimpulannya, apabila ada orang tua yang menetapkan nilai sinamot berdasarkan tingkat pendidikan dan profesi anak perempuannya, itu adalah penerapan yang salah dari konsep sinamot.
Sekalipun, si perempuan yang dilamar adalah sumber pendapatan di keluarga tersebut, bukanlah kewajiban anak untuk membiayai orang tuanya. Orang tualah yang memiliki kewajiban untuk mencukupi kebutuhan anak-anaknya, bukan sebaliknya. Pada zaman dahulu kala, orang tua Batak pun demikian, mereka membiayai anak-anak mereka dengan menyuruh mereka mengelola sawah. Dengan kata lain, mereka sama-sama bekerja, orang tua dan anak, bersama-sama mengusahakan sawah. Jadi, bukan anak yang bekerja untuk orang tuanya, melainkan orang tua dan anak sama-sama bekerja untuk mendapatkan kekayaan. Apabila ada orang tua yang meminta nilai sinamot dengan mempertimbangkan hal ini, masih tidak tetap tepat juga. Sekali lagi melenceng dari konsep sinamot yang telah diwariskan oleh nenek moyang Batak.
Kembali ke konteks kehidupan kita saat ini. Apakah keberadaan sinamot masih seperti tujuan utama sinamot  itu dibuat? Tentu saja tidak. Saat ini, anak perempuan bukan lagi sumber tenaga di dalam kehidupan keluarga Batak. Bahkan, saat ini banyak anak perempuan Batak jangankan turun ke sawah, memasak pun tidak bisa. Apalagi dengan adanya UU Perempuan dan Anak, dimana apabila dianalisa secara hukum, konsep sinamot ini seolah-olah mensahkan perdagangan perempuan di  kalangan masyarakat Batak. Oleh karena itu, konsep sinamot sesungguhnya sudah tidak relevan lagi bila ingin diterapkan di dalam kehidupan kita saat ini. Akan tetapi, karena kita ingin melestarikan budaya Batak, maka para orang tua memodifikasi konsep sinamot ini dengan praktek-praktek yang meringankan posisi para orang tua dan membuat para generasi muda yang melek pengetahuan mulai muak dengan adat Batak.
Sinamot ada dengan tujuan pencitraan, untuk mendapatkan sanjungan dari orang-orang. Demi mendapatkan sanjungan, para orang tua mengesampingkan kondisi hati generasi muda yang akan menjalani pernikahan tersebut. Tak heran, para generasi muda yang telah didoktrin untuk membahagiakan orang tuanya menghalalkan segala cara untuk mewujudkan nilai sinamot yang sesuai dengan harapan para orang tua. Tidak sedikit pasangan yang akan menikah maupun yang telah menikah mengalami sakit hati di tahap ini. Para generasi muda akhirnya menyalahkan adat Batak yang sangat rumit dan berat untuk dijalankan. Padahal, sesungguhnya yang membuat semua itu rumit adalah ego para orang tua. Oleh karena itu, jikalau kita para generasi muda kecewa dengan penerapan adat yang dilakukan oleh para orang tua kita, biarlah kekecewaan itu berhenti di generasi kita. Kita putuskan konsep penerapan adat yang keliru ini. Mari kita lestarikan adat Batak dengan tidak meninggalkannya. Tidak mudah memang menjadi agen perubahan dan ke luar dari doktrin-doktrin orang tua kita, akan tetapi jikalau bukan kita, siapa lagi?
Suatu hari nanti, kitalah yang menggantikan posisi para orang tua kita.  Oleh karena itu, jangan marah dengan adat Batak, tapi mari kita perbaiki bersama kesalahan penerapan yang dilakukan oleh para orang tua kita. Saat ini, sinamot masih relevan untuk tetap dilakukan dimana pelaksanaanya tentu saja bukan untuk pencitraan, apalagi harus mengorbankan hubungan silahturami hanya untuk melakukan pencitraan ini.  Kalau dulu, konsep sinamot dibuat karena pengantin perempuan tidak akan kembali lagi ke keluarga perempuan setelah menikah, melainkan selamanya akan tetap tinggal bersama-sama dengan keluarga laki-laki.  Apabila si perempuan kembali ke keluarganya tentu saja itu haruslah seizin keluarga suaminya dimana izin itu tidaklah mudah didapatkan. Kalau ingin konsep sinamot diterapkan seperti itu, sebagai ganti rugi dari dibawanya anak perempuan untuk selama-lamanya, apakah masing-masing pihak setuju dengan hal itu? Tentu saja tidak, bukan? Biar bagaimana pun, menikah itu adalah menyatukan dua keluarga, bukan memisahkan pihak perempuan dengan keluarganya. Si perempuan bisa berkunjung ke keluarganya kapanpun dia mau. Bahkan saat ini, banyak orang tua perempuan yang tinggal satu rumah dengan anak perempuannya yang telah menikah.
Jadi, kalau ingin penerapan sinamot dilakukan persis sama seperti dahulu kala, jangan hanya menerapkan enaknya saja. Akan tetapi para orang tua juga harus bersedia dengan konsekuensi yang mengikuti. Apalagi harus mengorbankan kehidupan pernikahan anak-anak. Sekali lagi, adat Batak tidak serumit itu. Adat Batak sangat menyenangkan untuk dijalankan walaupun untuk saat ini dalam penerapannya kita para generasi muda harus tarik nafas dengan ego para orang tua kita. Akan tetapi, setidaknya dari mereka kita belajar untuk tidak menjadi seperti mereka ketika suatu hari nanti kita menjadi orang tua. Sekali lagi, melalui tulisan ini aku memohon kepada para generasi muda yang saat ini sudah muak dengana adat Batak, adat Batak tidak pernah melakukan kesalahan apapun. Manusia yang memperkenalkannya kepada kitalah yang menerapkannya dengan tidak seharusnya. Dan tugas kita para generasi mudalah untuk menjadikan penerapan adat Batak itu menyenangkan untuk dijalankan.

Friday 17 July 2015

HEALER - drama korea

    Weekend terakhir sebelum lebaran tahun 2015 ini, aku habiskan dengan menonton film serial drama Korea, yang berjudul HEALER. Film ini menceritakan mengenai kehidupan lima sekawan yang memiliki hobby sebagai reporter ilegal. Dimana pada zaman mereka, kebebasan pers sangat dikontrol oleh pemerintah. Oleh karena itu, lima sekawan ini melakukan penyiaran secara sembunyi-sembunyi melalui radio dimana radio itupun hasil rekatan mereka sendiri. Karena nyali mereka yang begitu luar biasa di dalam memberitakan kebenaran, akhirnya mereka selalu menjadi "buronan" polisi. Akan tetapi mereka selalu berhasil dari kejaran polisi dikarenakan adanya team work yang sukup baik di antara mereka berlima. Adapun pembagian peran yang ada dalam lima sekawan ini (empat orang laki-laki dan satu orang perempuan) adalah satu orang menjadi supir yang akan membawa mereka ke perbukitan tempat dimana mereka menyiarkan berita, satu orang bertugas menjadi seksi keamanan yang akan mengecoh polisi atau siapapun yang akan "menggangu" mereka di dalam melakukan penyiaran. Sementara satu orang bertugas sebagai camera man sekaligus sebagai teknisi, dan sepasang lagi sebagai penyiar dimana sepasang penyiar ini pada akhirnya menikah dan punya anak. Hubungan persahabatan mereka pada akhirnya rusak dikarenakan satu-satunya perempuan yanga ada dalam lima sekawan ini, dicintai oleh dua orang. Sementara rutinitas mereka di dalam menyiarkan kebenaran secara ilegal berakhir, ketika salah satu dari mereka akhirnya tertangkap oleh polisi dan dipenjara selama 11 tahun karena dituduh menginformasikan berita tidak benar.

    Aku tidak akan menceritakan mengenai alur film ini secara mendetail. Ada beberapa hal yang cukup menarik untuk kubahas mengenai film ini. 
  1. Keberanian yang dimiliki oleh lima sekawan ini dalam memberitakan kebenaran. Aku membandingkannya dengan yang terjadi di Indonesia, dimana menyuarakan kebenaran itu pun pernah terjadi. Dan tentu saja hasilnya adalah sama dengan yang di film tersebut, siapa yang memiliki uang dan berkuasa itulah yang menang. Walalupun saat ini, media denganSela begitu bebasnya memproklamirkan sebuah informasi, tapi keakuratan informasi tersebut telah dibumbui dengan berbagai kepentingan dari mereka yang memiliki uang dan para penguasa.
  2. Lima sekawan tersebut digambarkan sebagai anak yang biasa-biasa saja, bukan berasal dari orang tua yang kaya. Akan tetapi pada akhirnya mereka menjadi orang kaya. Menariknya mereka menjadi kaya bukan karena menjadi karyawan dari perusahaan multi nasional, melainkan mereka sendiri membuka perusahaan baru alias menjadi pemilik dari perusahaan tersebut. Hal ini cukup membuatku menarik karena di masyarakat kita yang sekarang ini, atau di sekitarku sekarang, generasiku banyak yang menjadi kaya, termasuk diriku sendiri adalah karena aku menjadi "budak" dari orang lain. Atau ada juga yang menjadi kaya karena warisan dari orang tuanya atau ada juga yang menjadi kaya karena korupsi. Sangat sedikit orang di Indonesia yang menjadi kaya dengan membuka perusahaan sendiri, walaupun orang-orang seperti itu memang ada.
  3. Kecintaan mereka akan budaya mereka. Misalnya mereka memperkenalkan makanan khas mereka melalui menu makanan yang mereka makan di adegan film itu. Mereka juga menikmati lagu-lagu berbahasa Korea yang sering didendangkan oleh para tokoh film tersebut. Untuk yang satu ini, aku memang sangat kagum kepada mereka di dalam memperkenalkan kebudayaan mereka. Aku sangat rindu, para generasiku pun melakukan hal yang sama, yaitu mencintai kebudayaan suku mereka. Tidak apa-apa mengenal budaya luar, asal jangan sampai melupakan bahkan tidak mau tahu dengan kebudayaan sendiri. Budaya kita pun memiliki keunikan yang bisa dieksplor oleh kita para generasi muda. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan mengekplornya? Masakan kita harus menunggu negara lain yang mengeksplor budaya kita? Sangat menyedihkan, bukan bila hal itu harus terjadi?
Selain ketiga hal tersebut, aku akui kalau aku memang orang yang suka menonton, dimana ketika aku menyukai sebuah film, aku cenderung untuk menganalisa setiap karakter yang ada di film itu. Dan tentu saja setiap karakter tokoh yang di dalam film itu menjadi refrensi bagiku untuk mengembangkan karakter yang aku miliki. Misalnya, aku suka menonton drama Korea karena karakter yang ditampilkan adalah karakter pekerja keras, mendapatkan sesuatu berdasarkan proses, kehangatan, dan juga perhatian yang mendetail secara emotional. Variabel-variabel ini menjadi ciri khas drama film Korea. Hampir seluruh drama film Korea menyuguhkan hal ini.

Berbeda dengan film-film Holywood yang menyuguhkan teknologi yang canggih, persaingan untuk berprestasi atau menonjol, dan dominansi untuk menguasai. Dimana ketiga hal ini pada umumnya memang selalu dibalut dengan pesan moral yang sangat menyentuh moral. Satu hal yang paling menggangguku ketika menonton film-film Holywood adalah minimnya pertahanan dan pengendalian para tokoh di film di dalam memenuhi kebutuhan akan seks. Bagiku secara pribadi ini adalah sebuah conoth kegagalan di dalam mengontrol hasrat diri.

Tapi, terlepas dari semua itu, aku suka menonton. Dan aku sceangat mengaprisiasi para penulis naskah hingga cerita-cerita itu bisa divisualisasikan.