Wednesday, 19 September 2012

Yang telah aku pelajari ahir-akhir ini

Banyak hal yang aku pelajari akhir-akhir ini. Di bawah ini adalah kesimpulan yang aku peroleh dari hasil pembelajaranku.

  1. Sebaik-baiknya aku berusaha memberikan yang terbaik dalam hidupku, pasti ada saja orang yang tidak menyukainya. Mengapa? Karena apa yang aku lakukan belum tentu dipersepsikan sama oleh orang lain. Dan biasanya, kecenderungan manusia adalah mempersepsikannya ke arah negatif!
  2. Ketika aku menanam padi belum tentu hasilnya adalah padi, adakalanya dia tidak mengalami pertumbuhan menjadi padi. Membusuk dengan tanah atau habis dimakan burung sebelum aku memanennya. Atau mungkin ada pencuri yang telah lebih dulu memanennya ketika aku lengah.
  3. Aku tidak terlahir untuk menyenangkan hati semua orang di sekitarku. Kenyamanan dan kebahagiaan manusia di sekitarku bukanlah tanggung jawabku. Mereka juga harus bisa menerima bahwa ada kalanya aku tidak bisa menjadi seperti yang mereka harapkan.
  4. Ketika aku melakukan sesuatu, mulai dari hal kecil sampai hal yang besar, lakukanlah itu untuk Tuhan. Apabila aku melakukannya untuk manusia, maka aku akan mengharapkan penghargaan yang belum tentu ada. Sementara, Tuhan, Tuhan pasti memberikan penghargaan yang sangat luar biasa untuk setiap hal kecil yang kulakukan kepadaNya.
  5. Setiap orang memiliki peran di dunia ini, dan peranku adalah menjadi seseorang yang apabila mengharapkan sesuatu harus berjuang untuk mendapatkannya. Tentu saja dengan membayar harga, dan hanya bisa mengharapkan Yesus saja. Tidak ada orang tua, saudara, teman yang bisa dijadikan sandaran. Hanya Tuhan dan hanya Tuhan!
Terima kasih aku ucapkan kepada Dia yang telah memberiku akal untuk memahami arti dari hidup bersama Tuhan :D